acak

acak

Senin, 28 November 2011

PENGERTIAN MANAJEMEN


NAMA:MUHAMMAD ADAM
KELAS:1DB11
NPM:34111735
MATA KULIAH:MANAJEMEN UMUM

PENGERTIAN/ DEFINISI MANAJEMEN MENURUT BEBERAPA AHLI EKONOMI

 Enciclopedia of The Social Sience
Proses pelaksanaan suatu tujuan tertentu yang diselenggarakan dan diawasi

 MARY PARKER FOLLET
Manajemen adalah seni dalam menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain.

 THOMAS H. NELSON
Manajemen perusahaan adalah ilmu dan seni memadukan ide
ide, fasilitas, proses, bahan dan orang-orang untuk menghasilkan barang atau jasa yang bermanfaat dan menjual dengan menguntungkan

 G.R. TERRY
Proses yang khas yang terdiri  atas perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan yang dilakukan untuk menentukan dan usaha mencapai sasaran2 dengan memanfaatkan sumberdaya manusia dan sumberdaya lainnya.

 JAMES A.F. STONER
Manajemen sebagai proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengawasan upaya (usaha2) anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan

 PROFF.  DRS. OEI LIANG LIE

Manajemen adalah ilmu dan seni perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, pengkoordinasian dan pengawasan sumber2 daya manusia dan alam, terutama sumber daya manusia untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan
 FUNGSI MANAJEMEN

Cara untuk menuju proses adalah dengan mengidentifikasikan fungsi2 manajemen . Dimana setiap fungsi ini saling berkaitan erat dan bersifat mutlak untuk setiap tingkat aktivitas manajerial.

Ø  Fungsi manajemen menurut JOSEPH L. MASSEI

<supportLists]—>1.       Decision – making

<supportLists]—>2.      Organizing/pengorganisasian

<supportLists]—>3.      Staffing / pengisian staf.

<supportLists]—>4.      Planning / Perencanaan.

<supportLists]—>5.      Controlling / pengawasan

<supportLists]—>6.      Communication / komunikasi

<supportLists]—>7.      Directing / pengarahan.

 Fungsi manajemen men HANI HANDOKO

<supportLists]—>1.       Perencanaan

<supportLists]—>2.      Pengorganisasian

<supportLists]—>3.      Pengarahan

<supportLists]—>4.      Pengawasan

Ø Fungsi manajemjen GEORGE R. TERRY

<supportLists]—>1.       Planning

<supportLists]—>2.      Organizing

<supportLists]—>3.      Staffing

<supportLists]—>4.      Motivating

<supportLists]—>5.      Controlling
Perencanaan : pemilihan berbagai alternative , tujuan, strategi, kebijaksanaan, taktik, prosedur dan program.
Prinsip perencanaan à pemilihan jalan apa yang akan ditempuh
Kemudian manajemen mengidentifikasikan unsur2 yg mebatasi perencanaan à unsure startegis yang bisa saja berubah eg;  1) Yah sudahlah asal ada untungnya, 2) Gak apa lain kali untungnya lebih banyak supaya bisa hidup!





Seberapa pentingkah perencanaan itu?
<supportLists]—>1.       Rencana memberikan kepastian

<supportLists]—>2.      Dengan rencana jelas digariskan tujuan orgnss shg kegiatan terfokuskan

<supportLists]—>3.      Rencana waqlaupun mahal tetapi ekonomis krn sgl kegiatan terfokuskan u/ mencapai tujuan konsekuensinya biaya bisa ditekan.

<supportLists]—>4.      Rencana bisa digunakan sebagai dsr u/ membuat rencana berikutnya secara riil sdh bisa diketahui kelebihan & kekurangannya.

<supportLists]—>5.      Rencana itu bisa bersifat fleksibel dln rangka mencapai tujuanà bisa direvisi, ditinjau kembali.

 Ciri2 dr perencanaan

<supportLists]—>1.       Menuju pada pencapaian tujuan2an organisasi

<supportLists]—>2.      Mrpk tolok ukur fungsi manajemen yg lain , organisasi, pengarahan, koordinasi dan pengawasan.

<supportLists]—>3.      Mrpk fungsi dr seluruh SDM dlm orgnss baik horizontal maupun vertical

<supportLists]—>4.      Efisien, jika dilaksanakan , rencana dpt mencapai tujuan dgn baik dgn biaya yg reasonable.


 ORGANIZING/ PENGORGANISASIAN
Proses menciptakan hubungan –hubungan antara fungsi2, personalia dan factor fisik supaya kegiatan bisa berjalan dengan baik untuk mencapau tujuan. à mengelompokkan dan menentukan berbagai kegiatan penting dan memberiakn kekuasaan u/ melaksanakan kegiatan.
MOTIVATING
Mengarahkan, menyalurkan perilaku kearah tujuan

STAFFING
Menentukan keperluan sdm,  perekruitan, seleksi sdm, training, & pengembangan sdm

 CONTROLLING
Mengukur pelaksanaan dengan tujuan menentukan sebab2 penyimpangan dan mengambil tindakan korektif jika diperlukan
Perlunya pengawasan
<supportLists]—>1.       Perubahan bisa saja terjadi, karena operencanaan tentu saja ada pengawasan!

<supportLists]—>2.      Organisasi itu kompleks sifatnya krn itu perlu pengawasan formal !

<supportLists]—>3.      Kesalahan2 atau penyimpangan yg dilakukan anggota orgnss perlu ada pengawasan







Tidak ada komentar:

Posting Komentar